Rabu, 03 Januari 2024

Rekomendasi Nama-Nama Pantai

 

Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat

Jika kita membicarakan pantai terkenal di Indonesia, Raja Ampat adalah nama yang tidak bisa kita abaikan. Kawasan tersebut dipenuhi pulau-pulau kecil yang menakjubkan. Pantai yang ada di Raja Ampat juga sangat menakjubkan.

Saking bagusnya, keindahan pantai Raja Ampat sudah masuk level dunia dan mendapatkan apresiasi dari Kementrian Pariwisata Indonesia lho. Pantai terindah di Indonesia ini layak dijejerkan dengan pantai-pantai indah lainnya dari berbagai dunia.

Terlebih lagi, akses ke Raja Ampat yang cukup rumit membuat keindahan pantai ini tetap terjaga. Jadi selama berkunjung, Anda akan melih jelas keindahan alami dari salah satu kawasan pantai terbaik di Indonesia ini.

Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur

Pantai Nihiwatu

Nusa Tenggara Timur juga memiliki banyak sekali objek wisata pantai terindah. Salah satu pantai terbaiknya adalah Pantai Nihiwatu. Pantai ini terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Tak hanya terbaik di NTT, pantai terindah di Insonesia ini juga menempati posisi ke-17 pantai terbaik di dunia menurut CNN. Pantai sepanjang 2,5 km ini merupakan pantai terindah yang jarang tersentuh. Letaknya cukup tersembunyi di balik hutan.

Pantai Pink, Nusa Tenggara Timur

Pantai Pink

Pantai spesial lainnya yang ada di Indonesia adalah Pink Beach. Wisata yang satu ini juga terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Komodo. Seperti namanya, hal yang paling menarik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna merah muda.

Keunikan warna pasir pantai membuat pantai ini sangat unik. Di dunia, tidak banyak pantai yang memiliki warna pasir pink. Salah satu yang terindah ada di NTT, yakni di Pulau Komodo. Sudahkah Anda mengunjungi pantai ini?

Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh masuk dalam wilayah Aceh. Letaknya berada di paling barat Nusantara. Anda mungkin lebih mengenal pulau ini dengan nama Pulau Sabang. Ada tiga pantai di pulau ini yang keindahannya tak terbantahkan, yakni Pantai Anoi Itam, Pantai Iboih, dan Pantai Gapang.

Selepas mengunjungi pantai-pantai nan indah di Aceh, Anda bisa menikmati sensasi wisata kuliner Aceh yang lezat tak terkira. Kebutuhan fisik dan batin Anda pun terpenuhi dengan baik.

Tomini Bay, Sulawesi Utara

Selanjutnya, di Pulau Sulawesi, ada juga pantai yang sangat indah. Pantai tersebut bernama Tomini. Apa yang menarik dari pantai ini?

Keindahan utama dari pantai ini adalah airnya yang sangat jernih. Karena kejernihan tersebut, pantai ini sangat cocok untuk aktivitas snorkeling. Keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan.

Di bawah Teluk Tomini, Anda bisa menemukan surga bawah laut. Ada berbagai tanaman laut dan spesies ikan yang indah-indah. Kawasan ini juga termasuk dalam jantung segitiga karang dunia, yakti Indonesia-Filipina-Malaysia.

Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora

Di Maluku Tengah, ada juga pantai indah yang bisa menjadi pilihan Anda untuk berlibur. Pantai tersebut layak masuk sebagai salah satu rekomendasi tempat wisata Indonesia terbaik. Nama pantai yang dimaksud adalah Pantai Ora.

Karena keindahannya, Pantai Ora sering disebut sebagai Maldives-nya Indonesia. Air yang jernih serta pasir putih yang lembut dan bersih memberikan keindahan tersendiri. Selain itu, ada juga resort bernama Ora Beach Eco Resort yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati suasana romantis di sini.

Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna

Untuk Anda yang tak ingin jauh-jauh pergi ke luar Pulau Jawa untuk berlibur, beberapa pantai di Jawa pun bisa memenuhi kategori sebagai pantai terindah. Salah satunya adalah Pantai Sawarna, Banten.

Sesuai namanya, pantai ini terletak di Desa Sawarna, Lebak, Banten. Lokasinya berada di ujung barat Jawa. Yang membuat pantai ini terlihat sangat indah adalah pasir putihnya yang bersih. Pemandangan pantai di sini mencakup pegunungan, gua, sungai, dan pasir putih yang bersih.

Tak hanya populer di kalangan masyarakat Banten dan Jawa, wisatawan asing juga sering singgah ke pantai ini, lho.

Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Jika kita membicarakan tempat wisata pantai Indonesia terindah, Pulau Derawan pun menjadi yang cukup banyak diperbincangkan setelah Raja Ampat. Di pulau tersebut, selain keindahan pantai yang luar biasa, keanekaragaman flora dan fauna lautnya pun menjadi yang terbaik di dunia.

Setelah puas menikmati keindahan pantai, Anda bisa mencoba snorkeling. Anda bisa berenang bersama ubur-ubur yang tak beracun. Lalu, jika beruntung, Anda pun bisa menemukan kura-kura hijau yang unik karena tubuhnya yang sangat besar.

Pulau Derawan terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini juga memiliki julukan sebagai Pristine Island atau pulau yang ekosistemnya masih asri.

Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Belitung

Pantai Tanjung Tinggi

Anda pasti pernah mendengar film berjudul “Laskar Pelangi”, bukan? Salah satu lokasi pengambilan film tersebut adalah Pantai Tanjung Tinggi, di Pulau Belitung. Selain dijadikan sebagai set film, pantai tersebut sangat indah berkat airnya yang tenang dan jernih.

Kemudian, yang tak kalah menarik adalah jajaran batu-batu granit nan tinggi dan besar membuat pantai ini semakin menawan. Anda bisa mengunjunginya di pagi atau sore hari. Pemandangan di pantai akan jauh lebih indah ketika Anda mengunjunginya pada sore menjelang senja.

Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

Pantai Ngurtafur

Pantai selanjutnya yang menawarkan keindahan yang luar biasa adalah Pantai Ngurtafur. Lokasi pantai terindah di Insonesia ini berada di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara.

Selain air yang jernih dan pasir putih yang menawan, keunikan lain pantai ini adalah hamparan pasir putih yang memisahkan air laut menjadi dua, yakni air berwarna biru dan pirus.

Hamparan pasir yang membelah pantai tersebut terbentang sejauh 2 km menuju Pulau Woha adalah keindahan tak terkira yang layak untuk Anda nikmati.

Pantai Saleo, Papua Barat

Pantai Saleo

Pantai Saleo terdapat di Papua Barat. Kawasan ini menjadi pantai paling indah di Indonesia karena pemandangan sekitar yang masih asri. Karena keindahannya yang luar bisa, pantai ini bahkan mendapatkan sebutan sebagai surga terakhir di Bumi.

Pantai Kolbano, Kupang

Pantai Kolbano

Pantai dengan pasir putih yang tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya adalah Pantai Kolbano. Jarak pantai ini dengan pusat kota adalah sekitar 135 km.

Selain pasir putih dan air yang jernih, keindahan pantai ini terdapat pada bebatuan kerikil yang warna-warni. Kerikil yang menyebar di pantai ini berwarna hijau, kuning, merah, dan hitam. Anda juga bisa mengabadikan moment dengan mengupload foto ke media social seperti instagram maupun tiktok.

Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah

Pantai Tanjung Aan

Pantai lainnya di Lombok yang tak kalah indahnya adalah Pantai Tanjung Aan. Tanjung Aan Beach ini masuk jajaran pantai terindah di Indonesia karena pasirnya yang putih halus bagai merica.

Menurut masyarakat sekitar, pasir yang ada di pantai ini mempunyai manfaat, lho. Kalau Anda berjalan tanpa alas kaki di pantai ini, peredaran darah akan lancar. Kearifan lokal lainnya yang ada di sini adalah cerita tentang Putri Mandalika.

Setiap bulan Februari dan Maret, ada juga ritual yang digelar di sini, yakni Bau Nyale. Jadi Anda bisa sesuaikan waktu berkunjung jika tertarik mencoba dan mengkuti festival unik khas Lombok satu ini.

Pantai Kelingking, Klungkung, Nusa Penida

Pantai Kelingking

Bali memang sangat terkenal dengan wisata pantai yang indah. Salah satu pantai di Bali yang keindahannya tak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya adalah Pantai Kelingking yang terletak di Nusa Penida.

Pantai terindah di Insonesia ini mempunyai tebing-tebing yang menawan. Anda bisa menikmati suasana pantai dari atas tebing atau turun ke bawah. Keindahan dari bawah pun luar biasa. Kelelahan Anda saat menuruni tebing akan terbayarkan dengan suasana pantai yang sangat indah.

Pantai G-Land, Banyuwangi

pantai plengkung banyuwangi

Untuk kamu yang suka berselancar, ada salah satu pantai dengan ombak yang cukup bagus untuk para peselancar. Pantai yang dimaksud adalah pantai G-Land atau Pantai Plengkung. Pantai ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Di antara para peselancar, pantai ini mendapatkan julukan sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Pantai ini mempunyai tujuh gulungan ombak yang ketinggiannya mencapai 6 meter.

Tak hanya untuk peselancar, pantai terindah di Insonesia ini juga mempunyai pemandangan yang mempesona. Pasir putih dan laut yang berwarna biru nan jernih selalu sukses memberikan panorama yang indah.

Pantai Goa Cina, Malang

Pantai Goa Cina

Malang biasanya terkenal dengan wisata alamnya, seperti Lembah Indah Malang. Namun, ternyata ada banyak pantai di Malang yang menawarkan pemandangan luar biasa, lho.

Masih di Jawa Timur, ada juga pantai terindah di Insonesia yang layak Anda kunjungi di Malang. Pantai tersebut adalah Pantai Goa Cina yang terletak di Kabupaten Malang Selatan.

Keindahan pantai ini terletak pada panorama tiga pulau kecil yang ada di seberang pantai. Pasir putih dan air yang berwarna biru nan jernih juga menawarkan keindahan tersendiri. Suasana yang tenang di pantai ini membuat siapa pun betah berlama-lama di pinggir pantai.

Ada dua keindahan lain yang ada di pantai ini selain pasir putih dan laut yang biru jernih. Keindahan yang dimaksud adalah sebuah gua bernama Goa Cina dan cerita mistis yang masih kental di sini.

Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar

Tak hanya di Banyuwangi dan Malang, ada juga kawasan lainnya yang memiliki pantai nan indah. Pantai lainnya yang memiliki keindahan luar biasa adalah Pantai Klayar, Pacitan.

Seperti pantai-pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini memiliki air berwarna biru nan jernih. Ombak di pantai ini pun cukup besar, yakni mencapai 7 meter. Jajaran bebatuan karang di sepanjang pantai juga menambah keindahan pantai ini.

Pantai Timang, Gunung Kidul

Pantai Timang

Bergeser sedikit ke Yogyakarta, tepatnya di Gunung Kidul, ada satu pantai yang cukup istimewa. Pantai tersebut adalah Pantai Timang, Gunung Kidul. Menghadap langsung ke Samudera Hindia, keindahan pantai ini tak perlu Anda ragukan.

Hal menarik lainnya yang ada di sini adalah kereta gantung yang menghubungkan antartebing di pantai tersebut. Awalnya, kereta gantung tersebut dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mencari lobster. Namun, saat ini bisa juga digunakan oleh wisatawan.

Pantai Tanjung Gelam, Karimunjawa

Pantai Tanjung Gelam

Pantai-pantai yang indah umumnya berada di selatan Jawa, yakni pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Namun, ada juga pantai di utara Jawa yang tak kalah indahnya, yakni Pantai Tanjung Gelam, Karimunjawa.

Keindahan pantai ini masih sangat alami karena lokasinya yang susah terjangkau. Pasir putih yang bersih, warna air yang biru kehijauan, serta nyiur kelapa yang doyong adalah keindahan khas yang ada di sini.

Pantai Kepulauan Seribu

Pantai Kepulauan Seribu

Apakah kota besar seperti Jakarta mempunyai pantai yang indah? Jawabannya adalah ada. Pantai di Jakarta yang masuk kategori pantai yang indah terdapat di Kepulauan Seribu.

Seperti namanya, ada banyak sekali pulau-pulau di kawasan tersebut. Bahkan, masih banyak pulau yang masih belum bernama. Pantai-pantai di sana pun cukup indah karena sebagian besarnya memiliki pasir putih bersih dan air yang hijau.

Salah satu pulau dengan pemandangan paling indah adalah Pulau Pari. Pulau ini juga terletak tak begitu jauh dari ibu Kota Jakarta.

Pantai Tanjung Bira, Bulukumba

Pantai Tanjung Bira

Di Pulau Sulawesi, ada juga pantai indah bernama Pantai Tanjung Bira. Pantai ini berlokasi di Bulukumba. Sebutan yang melekat untuk pantai ini adalah “mutiara di ujung selatan Sulawesi”. Kekayaan lautnya tak terkira jumlahnya. Bahkan, Anda juga bisa menemukan banyak spesies langka di sini.

Pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih adalah keindahan utama di sini. Selain itu, suasana pantai yang sangat tenang dan ombak yang tak cukup besar membuat Anda bisa berenang atau snorkling dengan aman.

Pulau Piugus, Kepulauan Anambas

Pulau Piugus

Di Kepulauan Anambas, Riau, Anda juga bisa menemukan pantai terindah di Insonesia, yakni Pantai Piugus. Namanya mungkin masih asing di telinga kalian. Namun, keindahan pantai ini bisa Anda sandingkan dengan pantai-pantai lain di Indonesia.

Ketika Anda menginjakkan kaki di sini, Anda akan langsung merasakan kesan tropis. Nyiur kelapa, jajaran karang besar, serta pasirnya yang bersih adalah keindahan yang tak ada duanya. Untuk Anda yang suka snorkeling, pemandangan bawah laut di sini juga tak kalah indahnya.

0 komentar:

Posting Komentar