Rabu, 03 Januari 2024

Rekomendasi Sunrise di Yogyakarta

 

Spot Sunrise Jogja

1. Puncak Suroloyo

Lokasi: Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dibanderol dengan harga Rp5.000 saja, kamu dapat menikmati kemegahan sunrise di Puncak Suroloyo. Puncak tertinggi yang ada di Perbukitan Menoreh ini berjarak sekitar 45 Km atau dari Kota Yogyakarta, atau dapat ditempuh dengan berkendara 90 menit.

Untuk berburu sunrise, kamu harus siap mendaki 286 anak tangga menuju gardu pandang yang memiliki ketinggian 1.019 mdpl. Namun, rasa penat setelah mendaki akan langsung terbayarkan dengan cahaya hangat yang mulai terlihat.

Bahkan jika cuacanya cerah, kamu akan mendapat bonus pemandangan kemegahan empat gunung terindah di Indonesia, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing, serta Candi Borobudur yang diselimuti kabut tipis.

2. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Lokasi: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dikenal sebagai negeri di atas awan, kebun buah ini berada di ketinggian 150-200 meter di atas permukaan laut. Taman agrowisata ini menyajikan banyak pohon buah yang dilengkapi dengan fasilitas terbaru seperti flying fox dan fasilitas outbond.

Siapa sangka jika di kawasan ekowisata yang memiliki luas lahan mencapai 23,3 hektar ini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat memikat. Cukup dengan harga Rp5.000 saja, kamu bisa mengabadikan banyak momen terbaik untuk story media sosial.


3. Istana Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Lokasi: Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi yang juga dikenal sebagai Istana Ratu Boko ini memiliki perpaduan unsur dua agama sekaligus, yakni Hindu dan Buddha. Saat melewati gerbang, kamu akan menemukan berbagai prasasti bersejarah, pendopo, hingga goa.

Selain menyajikan sejarah, situs purbakala ini juga menyimpan kemegahan matahari terbit. Perpaduan warna coklat keabuan pada candi dengan latar belakang perbukitan yang hijau akan terlihat semakin hangat ketika mulai disiram cahaya matahari terbit.

Karena kecantikannya, candi ini juga digunakan sebagai lokasi prewedding. Dengan keindahan yang diberikan, harga tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp19.000 untuk anak-anak dan Rp38.000 untuk orang dewasa.

4. Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat Camping di Jogja - Puncak Nglanggeran / Gunung Api Purba - Wikipedia

Puncak Nglanggeran / Gunung Api Purba - Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gunung Api Purba ini terletak di barisan Pegunungan Selatan Jawa Tengah - Jawa Timur dengan ketinggian 700 mdpl dan kemiringan yang terjal (>45%). Berbeda dengan gunung lainnya, gunung ini memiliki bentuk unik seperti kumpulan bongkahan batu raksasa.

Semua penjuru Gunung Kidul dapat terlihat dari puncak gunung ini. Kamu bisa menikmati keindahan cahaya yang akan nampak perlahan dari ufuk timur dengan membayar tiket masuk Rp15.000 saja.

Meski kesannya tampak seperti harus mendaki gunung, kamu tidak perlu khawatir karena medannya cukup ringan. Selain hanya berjalan di lereng yang sedikit terjal, kamu juga bisa memilih jalur yang sudah disediakan anak tangga.

5. Embung Tambakboyo

Lokasi: Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tidak hanya melihat danau buatan yang dikelilingi pepohonan hijau, kamu juga akan menemukan keindahan ketika datang di pagi hari. Langit yang perlahan menampakkan warna kuning berpadu dengan air danau yang tenang akan langsung memanjakan mata.

Mulai dari harga Rp2.000 saja, kamu sudah bisa menikmati panorama yang begitu menawan. Ditambah lagi jika kamu gemar memancing, akan sangat menyenangkan jika bisa sarapan dengan ikan hasil tangkapan.

6. Bukit Panguk Kediwung

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Sejak diresmikan pada Mei 2016, bagian dari hutan lindung Dinas Pertanian Kabupaten Bantul ini langsung diserbu banyak wisatawan. Dengan membayar sekitar Rp3.000 saja, kamu akan langsung terpana dengan sunrise Jogja di spot foto yang sudah disediakan.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, pastikan kamu tiba di lokasi paling tidak pukul 05.00. Jangan khawatir jika awalnya pemandangan yang terlihat hanya lautan awan putih, karena awan tersebut akan hilang dan terganti dengan terbitnya matahari yang indah.

7. Pantai Sundak

Lokasi: Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Destinasi yang patut dikunjungi untuk mendapatkan sunrise terbaik tidak hanya terdapat di tempat-tempat tinggi. Kamu juga bisa menikmatinya di wilayah pantai, salah satunya adalah Pantai Sundak. Cukup dengan membayar tarif Rp5.000 saja, kamu akan puas berfoto-foto.

Matahari terbit dari celah dua batu raksasa yang mengapit Pantai Sundak akan membuatmu berdecak kagum. Deburan ombak juga akan menjadi instrumen alami yang memecah bisa keheningan pagi buta. Bila matahari sudah meninggi, kamu bisa melanjutkan untuk menjelajahi goa dan bukit batu karang di sekitar pantai.

8. Jurang Tembelan Kanigoro

Lokasi: Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Meski sepintas namanya terdengar ngeri karena berupa jurang, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Di tempat itu, ada gardu pandang yang sudah dibangun dengan baik, bahkan dilengkapi dengan spot foto berupa perahu bambu.

Hanya dengan membayar Rp2.500 saja, kamu bisa melihat sunrise Jogja di tengah kabut tipis yang sejuk. Selain itu, kamu juga dapat melihat pemandangan Pegunungan Sewu yang hijau dengan selingan berupa aliran Sungai Oyo.

9. Tebing Pantai Kesirat

Lokasi: Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Kesirat juga memiliki keunikan tersendiri karena menyuguhkan tebing-tebing yang cantik. Keberadaan hamparan rumput yang sangat luas juga membuat pantai ini sering dijadikan tempat berkemah. Bahkan, kamu juga bisa memancing atau menikmati kuliner yang ada di sekitarnya.


0 komentar:

Posting Komentar